Popular Post

Posted by : Unknown Selasa, 29 April 2014



KHARAKTERISTIK POPULASI

Apa saja kharakteristik dari suatu populasi (What)
Kerapatan Populasi, Natalitas, Mortalitas, Emigrasi, imigrasi, migrasi, Distribusi Individu dalam Populasi, dan Pertumbuhan Populasi (Odum,1998)

Bagaimanakah perngertian populasi? (How)
Populasi sekumpulan sehimpunan individu atau kelompok individu dalam satu spesies (atau kelompok lain yang dapat melangsungkan interaksi genetik dengan jenis yang bersangkutan), dan pada waktu tertentu menghuni suatu wilayah atau tata ruang tertentu (Odum,1998).

Mengapa jumlah populasi bisa mengalami peningkatan atau mengalami penurunan? (Why)
Karena salah satu dari parameter populasi (natalitas/kelahiran), mortalitas/kematian, imigrasi dan emigrasi) mengalai perubahan.  Apabila natalitas dan imigrasi meningkat dalam populasi sedangkan emigrasi dan mortalitas menurun, maka kepadatan populasi akan bertambah (Ramli,1989).

Kemanakah suatu populasi akan melakukan migrasi, ketika lingkungannya sudah tidak bisa menyediakan nutrisi bagi populasi tersebut? (Where)
       Populasi tersebut akan bermigrasi ke tempat yang memiliki banyak sumber makanan dan sedikit predator sehingga tidak terlalu membahayakan kehidupan populasi yang hidup di tempat tersebut

Kapan suatu populasi bisa mengalami kepunahan? (When)
Populasi bisa mengalami kepunahan ketika angka mortalitas tinggi, kurangnya nutrisi,  lingkungan yag rusak, dan adanya kompetisi yang tidak seimbang antarpopulasi.




Apa saja yang berperan di dalam kehidupan populasi? (Who)
Semua komponen penyusun dan pendukung populasi berperan dan saling ketergantungan. Komponen penyusun populasi terdiri atas individu-individu yang sejenis. Sedangkan komponen pendukung populasi terdiri atas faktor lingkungan yang menjdi tempat berinteraksi dari populasi tersebut.(Heddy,1986).


PERTUMBUHAN POPULASI
Apa definisi tentang pertumbuhan populasi ? (What)
Pertumbuhan populasi merupakan proses sentral di dalam ekologi. Yaitu proses yang terjadi dalam populasi tentang bertambah atau berkurangnya jumlah spesies dalam populasi tersebut. Karena tidak ada populasi yang tumbuh secara terus menerus maka dalam populasi terdapat pengaturan yang disebut pengaturan populasi ( Sudjoko, 1998).

Siapa yang mempengaruhi pertumbuhan populasi ? (Who)
Pertumbuhan populasi dipengaruhi oleh adanya kelahiran, kematian, imigrasi dan emigrasi. Keempat faktor tersebut menyebabkan naik-turunnya jumlah individu dalam suatu populasi. Pertumbuhan populasi ditandai dengan adanya perubahan jumlah populasi di setiap waktu (Umar, 2005).

Kapan pertumbuhan populasi dapat terjadi ? (When)
Pertumbuhan populasi dapat terjadi kapan saja, namun tidak dapat secara terus menerus. Suatu individu dalam organisme memiliki masa produktifitas yang berbeda. Dengan banyaknya jumlah individu maka akan terjadi persaingan antara individu-individu dalam populasi tersebut (Dirdjosoemarto,1986).

Dimanakah kita bisa mengetahui pertumbuhan populasi? (Where)
Pertumbuhan populasi bisa diketahui di habitat dari populasi tersebut. Ketika jumlah ppulasi bertambah maka populasi tersebut mengalami pertumbuhan.

Mengapa pada setiap populasi akan mengalami pertumbuhan ? (Why)
Karena setiap organisme dalam populasi memiliki masa produktifitas. Hal tersebut akan mempengaruhi pertumbuhan yang terjadi pada populasi, yaitu ditandai dengan kelahiran yang lebih besar dari kematian.

Bagaimana pertumbuhan populasi dapat terjadi ? (How)
Dalam suatu populasi akan terjadi interaksi antar organisme. Interaksi yang terjadi antar populasi akan berdampak pada pertumbuhan dan pertumbuhan populasi tersebut mengahasilkan perubahan dalam struktur komunitas (Dirdjosoemarto,1986).

Dinamika Populasi

Apa yang dimaksud Dinamika populasi ? (What)
Dinamika Populasi adalah perubahan populasi dari waktu ke waktu (McNaughton, dan Larry, 1990). Namun, Deshmukh (1992) menyatakan bahwa dinamika populasi merupakan penggambaran suatu populasi yang memungkinkan untuk mengenal perubahan-perubahan dalam parameter populasi (Umar,2005).

Apa saja bentuk dari Dinamika Populasi ? (Who)
          Dinamika populasi memiliki pola tertentu yang dikenal sebagai bentuk pertumbuhan populasi (population growth form). Secara teoritik bentuk pertumbuhan populasi terbagi menjadi dua, yaitu pertumbuhan eksponensial (Bentuk J) dan Pertumbuhan Logistik (Sigmoid) (Bentuk S) (Soegianto, 1994).

Bagaimana proses dinamika populasi itu terjadi ? (How)
       Dinamika populasi dapat terjadi akibat adanya faktor biotik dan faktor abiotik yang ada dalam suatu komunitas tertentu dan dapat menyajikan sumberdaya bagi organisme untuk kelangsungan hidup organisme-organisme yang ada di dalamnya.


Berbedakah dinamika populasi di daerah tropika dan iklim sedang? (Where)
       Berbeda.  Menurut Deshmukh (1992), di daerah tropika yang mengalami periode kering, perkembangbiakan setidaknya musiman seperti didaerah iklim sedang. Sedangkan di daerah yang terus-menerus basah, perkembangbiakan mungkin berlangsung sepanjang tahun, tetapi banyak populasi yang memperlihatkan puncak-puncak musiman.

Kapan suatu Dinamika Populasi dalam suatu komunitas dapat berubah? (When)
       Dinamika populasi dapat berubah jika terjadi distribusi populasi yang meliputi migrasi, emigrasi dan imigrasi. Penyebaran ini sangat dipengaruhi oleh faktor penghalang (barier) dan kemampuan individu atau alat perkembangbiakannya untuk berpindah (Heddy, 1986).

Mengapa penggambaran suatu populasi memungkinkan untuk mengenal perubahan-perubahan dalam parameter populasi ? (Why)
       Karena, dalam suatu populasi berdasarkan sifatnya yang unik dan berbeda sifat masing-masing individu memiliki ciri-ciri seperti yang terdapat pada populasi. Parameter populasi diantaranya densitas (jumlah perunit area) dan pola pertumbuhan distribusi (Southwood, 1971). 


STRUKTUR POPULASI
Apa saja struktur populasi yang meliputi pola penyebaran? (what)
Ada 3 Pola Penyebaran dalam Populasi, yaitu:
1.    Acak, jarang terdapat di alam. Penyebaran ini biasanya terjadi apabila factor lingkungan sangat beragam untuk seluruh daerah dimana populasi berada, selain itu tidak ada sifat-sifat untuk berkelompok dari organism tersebut.
2.    Seragam(merata), umumnya terdapat pada tumbuhan. Penyebaran semacam ini terjadi apabila ada persaingan yang kuat antara individu-individu dalam populasi tersebut.
3.    Bergerombol(berkelompok),  paling umum di alam, terutama untuk hewan. Disebabkan oleh:  respon dari organism terhadap perbedaan habitat secara local dan respon dari organism terhadap perubahan cuaca musiman akibat dari  cara atau proses reproduksi atau regenerasi (Sudjoko. 1998).

Kapan penyebaran ini dilakukan oleh populasi? (when)
Sebuah populasi akan melakukan penyebaran atau dalam rangka melakukan perpindahan apabila pada suatu tempat semula yang didiami sudah tidak lagi mampu mencukupi kebutuhan hidup suatu populasi tersebut atau bahkan terjadi sautu bencana dan kedatangan organisme yang dirasakan dapat mengganggu kelangsungan hidup suatu populasi, maka populasi tersebut akan melakukan perpindahan.

Dimana tujuan penyebaran populasi? (where)
Penyebaran populasi biasanya menuju pada suatu tempat yang mampu memenuhi kebutuhan dan kelangsungan hidup suatu populasi. Kebutuhan tersebut yang meliputi baik factor biotic maupun factor abiotiknya.

Mengapa penyebaran harus dilakukan? (why)     
Karena penyebaran populasi berperan penting dalam penyebaran secara geografi dari tumbuhan,  hewan atau manusia kesuatu daerah dimana mereka belum menempatinya. Penyebaran juga membantu natalitas dan mortalitas di dalam populasi (Odum, E.P. 1998)

Siapa saja yang terdapat pada suatu populasi?(who)
Populasi terdiri atas kumpulan dari individu atau organisme yang sejenis. Baik tumbuhan, hewan, atau mikroganisme (factor biotik).

Bagaimana penyebaran itu dilakukan?(how)
Penyebaran populasi dilakukan melalui 3 cara yaitu:
a. Emigrasi :merupakan pola pergerakan individu keluar  daerah populasinya ketempat lain, dan tinggal permanen ditempat barunya.
b.   Imigrasi :merupakan pola penyebaran individu kedalam suatu daerah populasi lain dan individu tersebu tmenetap menetap ditempat baru.
c.    Migrasi :merupakan pola pergerakan individu dua arah, keluar dan masuk atau pergi dan dating secara periodic selama kondisi lingkungan tidak menguntungkan sehingga individu suatu populasi akan berpindah tempat. Migrasi ini dapat terjadi secara musiman atau tahunan.(Ramli, Ozaki. 1989).


INTERAKSI INTRAPOPULASI
Apa saja sifat interaksi intrapopulasi ?(what)
a)    Alelopati merupakan interaksi antarpopulasi, bila populasi yang satu menghasilkan zat yang dapat menghalangi tumbuhnya populasi lain. Contohnya, di sekitar pohon walnut (juglans) jarang ditumbuhi tumbuhan lain karena tumbuhan ini menghasilkan zat yang bersifat toksik.
b)   Kompetisi merupakan interaksi antarpopulasi, bila antarpopulasi terdapat kepentingan yang sama sehingga terjadi persaingan untuk mendapatkan apa yang diperlukan. Contoh, persaingan antara populasi kambing dengan populasi sapi di padang rumput.(Odum, E.P. 1998).
Kapan terjadinya kompetisi dalam suatu populasi?(when)
Kompetisi dalam suatu populasi dapat terjadi jika pada suatu tempat terdapat lebih dari satu populasi yang memperebutkan sasaran baik itu tempat hidup atau makanan yang dibutuhkan demi mencukupi kebutuhan hidupnya.
Dimana terjadinya suatu interaksi intrapopulasi? (where)
Interaksi intra populasi terjadi di ekosistem dan dipengaruhi oleh faktor biotik dan abiotik. Interaksi ini sangat penting karena tanpa ada interaksi maka organisme tidak bisa hidup.


Tipe interaksi manakah yang menunjukkan tipe interaksi positif? (Who)
       Tipe interaksi yang menunjukkan tipe interaksi yang positif yaitu komensalisme, protokoperasi dan mutualisme. Hal ini berdasarkan pada sifat umum pada tipe-tipe interaksi tersebut.

Mengapa dalam suatu populasi terjadi persaingan atau interaksi intraspopulasi? (Why)
       Karena organisme yang hidup berdampingan saling membutuhkan organisme lain baik sebagai kawanan maupun mangsa yang dapat menjamin kelangsungan hidup organisme tersebut. Dalam hal interaksi intraspesies ini dapat bersifat positif (+) dan dapat pula bersifat negative (-). (Southwood, 1971).

Bagaimana suatu populasi dapat mempengaruhi suatu pertumbuhan populasi lain ? (How)
            Suatu populasi dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan populasi lain. Misalkan pada interaksi alelopati, merupakan interaksi antar populasi, bila populasi yang satu menghasilkan zat yang dapat menghalangi tumbuhnya populasi lain. (Heddy, 1986).


Penggunaan Sumber Daya
Apa yang dimaksud sumber daya ?(What)
Semua kekayaan berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup dan keberadaanya sangat terbatas baik jumlah maupun kualitasnya (Hadari, 2005)

Bagaimanakah penggolongan sumber daya? (How)
1.    Sumber Daya Alam
     Sumber daya alam adalah kekayaan yang tersedia di alam dan dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Sumber daya alam dibagi menjadi dua :
     a. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable)
     b. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable)
2.    Sumber Daya Manusia
     Sumber daya manusia dapat berupa tenaga kerja dan kewirausahaan (Umar,2005).

Siapa saja yang berperan dalam menjaga ketersediaan sumber daya, terutama sumber daya yang unrenewable?(How)
Semua pihak baik masyarakat, pemerintah, dan dunia internasional harus menjaga agar sumber daya yang unrenewable tetap ada dan tidak dieksploitasi secara berlebihan karena jika habis maka tidak bisa diperbaharui lagi.

Dimana letak sumber daya yang dapat mendukung populasi?(Where)
Sumber daya di muka bumi dapat berupa kekayaan benda mati maupun benda hidup. Sumber daya pendukung populasi pada umumnya terletaak pada suatu haabitat yang memiliki sumber makanan yang bisa mencukupi kehidupan populasi yang berada di lingkungan tersebut.

Kapan sumber daya seperti hutan lindung dapat mengalami kerusakan? (When)
Sumber daya berupa hutan lindung akan mengalami kerusakan ketika terjadi perubahan iklim yang sangat ekstrim dan ketika terjadi eksploitasi hutan secara beerlebihan oleh manusia.

Mengapa keberadaan sumber daya sangat penting ?(Why)
Karena perpaduan sumber daya alam ( SDA ) dan sumber daya manusia (SDM) akan dapat dimanfaatkan manusia untuk menghasilkan alat pemuas sebagai pemenuhan kebutuhan baik berupa barang maupun jasa (Umar,2005).



 Strategi Life History

Apakah yang dimaksud dengan Life history dan strategi kehidupan? (What)
Life history adalah suatu gambaran dari kisah dari kehidupan tersebut dapat terbentuk, sedangkan strategi kehidupan merupakan bagian implikasi dari life history yang bertujuan dengan langkah-langkah atau strategi dalam rangka mempertahankan kehidupannya (Dirdjosoemarto, 1986).

Dimanakah kaitannya antara Life History dan strategi kehidupan? (Where)
Life history merupakan gambaran proses terbentuknya kehidupan sedangkan untuk menjawab tantangan dalam mempertahankan kehidupannya maka diperlukan strategi kehidupan (Dirdjosoemarto, 1986).

Kapan life history dan strategi kehidupan dapat terbentuk dalam suatu populasi? (When)
Life history terjadi pada saat terbentuknya pola reproduksi dan seleksi seksual yang terjadi dalam suatu populasi. Sedangkan strategi kehidupan dapat terjadi karena adanya persaingan antar spesies, gangguan pada habitat, serta kondisi sumber daya yang ada.

Apa sajakah faktor yang mempengaruhi life history dan apa sajakah klasifikasi strategi kehidupan? (Who)
Faktor-faktor yang mempengaruhi life history meliputi :
v  Pola reproduksi.
Merupakan pola yang dibentuk oleh suatu organisme dalam rangka mempertahankan keturunannya baik melalui seksual maupun aseksual
             
v  Seleksi seksual
Merupakan usaha reproduksi yang melibatkan dua gamet yaitu jantan dan betina yang didalamnya terdapat metode dan proses seleksi seksual. Usaha reproduksi tersebut dapat berupa parental care, parental investment, dan parental energy budgets (Odum, 1998).

Bagaimana strategi-K dan strategi-r dapat terjadi pada suatu populasi? (How)
Pertumbuhan  suatu populasi pada kondisi tertentu berada didekat daya dukung lingkungan (K), Maka strategi yang dikembangkan adalah strategi K. Sebaliknya jika populasi mempunyai laju yang optimal pada kondisi dibawah daya dukung lingkunngan, maka stategi yang dikembangkan adalah strategi r. (Dirdjosoemarto, 1986).

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. apa penyebab penyebaran populasi didalam suatu ekosistem,berikan contohnya

    BalasHapus

silahkan isi komentar anda, karena komentar anda sangat penting untuk perkembangan blog ini......

Terima Kasih

- Copyright © 2013 Biologi Natural - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -